Jumat, 21 Maret 2014

Beberapa hal umum yang biasa dilakukan di internet

Secara umum ada beberapa hal umum yang biasanya dapat dilakukan di internet, yaitu:

1.   Memperoleh informasi
Informasi yang dimaksud tidak hanya berupa berita politik, ekonomi, olah raga dan sebagainya, namun dapat meliputi informasi jauh lebih luas. Banyak sekali informasi yang dapat Anda  peroleh di internet, mulai dari informasi yang dapat dipercaya, sampai informasi yang isinya sangat tidak dapat dipercaya, seperti fitnah, gosip, hasutan, dan sebagainya.

2.   Berkirim surat
Internet menyediakan sebuah fasilitas yang fungsinya sama dengan surat, yaitu e-mail (electronic mail). E-mail dapat dijuluki "surat" ajaib" karena banyak sekali kelebihannya. Apabila  Anda  hendak mengirim e-mail kepada seseorang, Anda  tinggal mengetikkan alamat e-mail orang tersebut, menulis isi pesan di formulir yang tersedia, lalu tekan tombol send (kirim). Beberapa detik kemudian, pesan e-mail tersebut langsung sampai kepada alamat yang Anda  tuju. Dengan e-mail, Anda  dapat mengirim satu pesan kepada berjuta orang sekaligus di seluruh dunia, dengan cara yang gampang, cepat dan praktis. Selain itu, tidak ada biaya sama sekali.

3.   Ngobrol atau Chatting
Chatting adalah fasilitas internet yang dapat Anda  gunakan untuk ngobrol dengan orang lain yang mungkin saja bertempat tinggal sangat jauh dari Anda . Tapi ngobrol di dalam chatting ini berbeda dengan telepon. Di telepon, Anda  ngobrol melalui suara (bicara), sedangkan dalam chatting Anda  ngobrol dengan bantuan tulisan (mengetik). Anda  tinggal mengetik pesan yang hendak Anda  sampaikan kepada lawan bicara Anda , lalu tekanlah tombol enter. Beberapa saat kemudian, lawan bicara Anda  akan membalas pesan Anda , lalu Anda  balas lagi, demikian seterusnya. Di layar komputer, hasil pembicaraan Anda  akan terlihat seperti ini (contoh):
            <wawan> halo Pa Munir, apa kabar?
            <munir> baik, dan Anda  gimana?
            <wawan> baik juga, lagi sibuk ya?
            <munir> O, ada teman saya yang datang
            ………… demikian seterusnya. Yang berada di antara tanda  < > adalah nama orang yang sedang ngobrol/chatting tersebut.

4.   Melakukan transaksi perdagangan
Di internet, Anda  juga bisa melakukan transaksi jual beli barang. Saat ini di internet sudah banyak terdapat toko online. Secara fisik, mereka bukan toko dalam arti sebenarnya. Mereka hanya menyediakan situs web, dan melalui situs web ini Anda  bisa memesan barang-barang tertentu pada mereka. Misalnya saja Anda  hendak membeli mobil. Anda  tinggal mengisi formulir yang disediakan, menuliskan spesifikasi mobil yang hendak Anda  beli, lalu tekan tombol buy (beli). Pembayaran dilakukan dengan kartu kredit (melalui internet juga). Beberapa hari kemudian, mobil yang Anda  pesan tersebut diantar ke rumah Anda.

5.   Internet phone
Internet phone ini adalah fasilitas telepon melalui internet. Dengan fasilitas ini, Anda  dapat menelepon ke mana saja ke seluruh dunia dengan pulsa lokal. Selain itu, wajah orang yang Anda  telepon bisa tampil di layar komputer. Saat ini fasilitas seperti ini belum diijinkan masuk ke Indonesia, karena masih ada kendala undang-undang hak monopoli komunikasi.

6.   Berdiskusi
Di internet juga banyak terdapat forum diskusi dengan berbagai macam tema. Ada diskusi tentang politik, ekonomi, olah raga, dan sebagainya. Anda  bisa memasang topik tertentu, lalu sampaikan pendapat Anda  di sana. Beberapa saat kemudian, bisa satu jam, satu hari, dua hari, atau bahkan sepuluh menit, mungkin ada orang yang tertarik membaca pendapat Anda , lalu dia akan menulis komentar balasan. Setelah itu, mungkin ada orang lain lagi yang memberikan komentar balasan, demikian seterusnya, sehingga pendapat Anda  itu bisa dikomentari oleh ratusan bahkan ribuan orang. Semakin menarik topik diskusi Anda , biasanya semakin banyak orang yang akan mengomentari.

7.   Memasang iklan baris
Di internet juga banyak fasilitas iklan baris seperti iklan baris di koran. Tapi bedanya, sebagian besar iklan baris di internet adalah bebas . Jadi Anda  tidak perlu membayar biaya apapun untuk mengiklankan sesuatu di internet. Anda  tinggal mengisi formulir yang tersedia, menulis pesan iklan yang Anda  inginkan, lalu tekan tombol "kirim". Beberapa detik kemudian, iklan Anda  tersebut telah dimuat, dan dapat dibaca oleh siapa saja di seluruh dunia. Bandingkan misalnya dengan iklan baris di koran. Selain Anda  harus membayar tarif tertentu, juga harus menunggu sehari sebelum iklan Anda  dimuat. Di internet, iklan Anda  akan langsung dimuat saat itu juga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar