Apabila pemesan barang/jasa tidak dapat
dipenuhi oleh penjual, karena ada suatu masalah, pihak penjual harus segera
mengirimkan surat penerimaan pesanan. Jangan sampai pemesan menunggu terlalu
lama. Isi surat penerimaan pesanan harus diungkapkan dengan bijaksana dan
menyatakan penghargaan atas pesanan tersebut. Caranya dengan mengucapkan terima
kasih kepada pembeli serta memberikan alas an yang logis mengenai pesanan yang
tak dapat dipenuhi, dengan bahasa yang halus dan sopan agar hubungan baik
dengan pemesan tetap terjaga.
Surat penerimaan pesanan dibuat oleh
penjual, dan bersifat menawarkan solusi kepada pelanggan apabila ada suatu
masalah pada pesanan, sebagai contoh:
1)
Persediaan barang tidak ada/habis,
barang yang dipesan jumlahnya tidak mencukupi, atau barang tersedia namun jenis
yang lain. Dengan demikian, penjual harus mampu memberikan solusi, yaitu dengan
menyampaikan bahwa persediaan barang habis dan tawarkan barang pengganti bila
ada.
2)
Apabila terjadi kenaikan harga barang,
sampaikan saja kondisi tersebut kepada pelanggan dan tawarkan apakah pelanggan
bersedia membeli barang dengan harga yang baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar